PASCAL : Program Desimal ke Biner

Mungkin banyak yang bingung soal program PASCAL, padahal katanya PASCAL itu masih yang paling dasar. Sebenarnya saya sendiri juga bingung. Tapi beruntuuuuung sekali, karena kemarin waktu mata kuliah Program Komputer, ada AsDos yang mau menjelaskan program mengubah bilangan desimal ke bilangan biner. Sayangnya, saya tetap bingung karena memang saya kurang pintar kalau soal PASCAL. Tapi kemarin saya sudah mengerjakan program PASCAL yang dijelaskan AsDos tersebut, walaupun akhirnya saya hanya lihat kerjaan AsDos dan saya ketik lagi. ^_^

Tapi, tidak perlu khawatir karena saya sudah mencoba program tersebut dan ternyata...
BERHASIL!!!
(Namanya juga kerjaan AsDos)

Programnya seperti ini :

program dectobin;

uses wincrt;

var
hasilbagi,desimal,sisa:integer;
biner,bin,bilbiner:string;

begin
write('decimal=');
read(desimal);
hasilbagi:=desimal div 2;
bilbiner:=' ';
while (hasilbagi >=1) do
begin
sisa:= desimal mod 2;
if (sisa=0) then biner:='0'
else if (sisa=1) then biner:='1';
bilbiner:=biner+bilbiner;
desimal:=hasilbagi;
hasilbagi:= desimal div 2;
end;
bin:= '1'+bilbiner;
writeln('hasil biner =',bin);

end.

Nah, untuk sementara ini saya masih mempelajari logika program tersebut. Semoga masukan ini juga bermanfaat bagi teman-teman semua. Saya juga masih harus banyak belajar tentang bahasa pemrograman PASCAL. SELAMAT BELAJAR!!!

^_^

0 people have left comments

Commentors on this Post-